Rabu, 08 Mei 2013

Tahukah Anda???


Tahukah Anda???

Kali ini saya akan berbagi tentang pengetahuan seputar gizi dan kesehatan. Ayo disimak!
1.    Jangan sering-sering makan bakaran!! Makanan yang dibakar itu memicu kanker lho.. karena bagian terbakar yang berwarna hitam atau bisa disebut “gosongan”  itu mengandung senyawa yang bernama “Benzo[a]pyrene”, yang menurut penilitian telah terbukti sebagai pemicu kanker. Wiih… serem..
2.    Oiya, sudah tau kan, Minyak yang dipakai untuk menggoreng berulang-ulang itu tidak bagus bagi kesehatan. Kenapa? karena telah terjadi oksidasi dimana asam lemak tak jenuh dalam minyak akan berubah menjadi asam lemak jenuh yang berbahaya bagi tubuh. Ditandai dengan warna yang menghitam dan berbuih. Menurut penelitian, hal ini juga meningkatkan risiko terjadinya kanker. Jadi, kalau minyaknya sudah berwarna coklat, tandanya tidak boleh dipakai lagi.
3.    Sudah tau belum? Sebaiknya, makan buah itu sebelum makan utama, karena buah itu tinggi serat. Fungsi serat adalah meningkatkan peristaltik/gerak usus, jadi biar seratnya turun dulu kemudian, baru selah itu makanannya, selain itu juga supaya makanan bisa terserap sempurna.
4.    Jika ingin meminum obat, sebaiknya jangan diiringi dengan makan pisang, karena pisang itu termasuk tinggi serat sehingga menyebabkan peningkatan peristaltik usus. Hal ini menyebabkan penyerapan obat tidak optimal di lambung dan usus.
5.    Jika ingin menurunkan berat badan, baiknya biasakan makan malam 2 jam sebelum tidur. Karena makanan dicerna secara sempurna, setidaknya membutuhkan waktu selama 2 jam.
6.    Ayo olahraga 30 menit setiap hari! Kenapa olahraga itu juga bisa meningkat sistim kekebalan tubuh, sehingga membuat tubuh tidak sakit. Olahraga sederhana yang bisa dilakukan, misalnya, dengan berjalan cepat atau bersepeda. Asal harus sampai keluar keringat, baru bisa dikatakan sudah berolahraga.
7.    Jangan buang biji anggur! Kenapa? Karena menurut penelitian, biji anggur kaya antioksidan, yang fungsinya sebagai pencegah kanker, senyawa itu bernama “procyanidins”, menurut penelitian senyawa dapat berfungsi untuk menormalkan kadar gula darah. Jadi untuk penderita diabetes, dianjurkan banyak mengonsumsi buah anggur beserta bijinya.
8.    Bagaimana cara memakan tomat yang benar? Ternyata, memanaskan tomat dapat mengaktifkan zat gizi, yang bernama lycopen, daripada memakannya dalam keadaan mentah. Lebih baik tomat dicampur dalam masakan sehingga kita mendapatkan lycopennya secara optimal. Apa manfaat lycopen? Menurut penelitian, Lycopen ini bermanfaat untuk mencegah penuaan, bahkan dipakai “Ponds” sebagai promosi produknya.
9.    Cara memasak wortel yang benar ditumis atau direbus? Menurut penelitian yang pernah saya lakukan, memasak wortel dengan direbus lebih baik daripada dengan ditumis. Kenapa? Karena zat-zat gizinya, terutama beta-caroten, yang merupakan pro vitamin A, berkurang lebih banyak saat ditumis. Hal ini dipengaruhi faktor suhu minyak yang lebih tinggi sehingga merusak zat-zat gizinya.
10.  Apa pertolongan pertama saat lapar? jawabannya adalah dengan meminum susu. Hal ini ikarenakan susu bersifat “basa” akan menetralkan produksi asam lambung yang berlebihan saat kita merasa lapar.

Ok, itu tadi beberapa pengetahuan seputar gizi dan kesesehatan. Semoga bermanfaat untuk pembaca! ;)

Rany Adelina, S.Gz – Nutritionist

Tidak ada komentar:

Posting Komentar